3 Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen di Laptop

Berikut merupakan cara-cara untuk mengembalikan file kalian yang terhapus di laptop tanpa merusak file. Zaman sekarang, banyak sekali tugas sekolah atau pekerjaan kantor yang bisa dibuat di rumah melalui laptop. Yaitu melalui microsoft word maupun aplikasi lainnya. Disaat mata mulai letih dan lelah, mungkin kalian pernah secara tidak sengaja delete salah satu file yang sedang kalian kerjakan. 

Tetapi jangan panik, karena file yang sudah terhapus di laptop masih bisa dikembalikan. Yang jadi pertanyaannya adalah apakah file tersebut akan kembali dengan sempurna? Biasanya saat melakukan recovery, file bisa saja kembali dalam keadaan rusak atau korup. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berikan tutorial bagaimana caranya mengembalikan file yang terhapus tanpa merusak file tersebut.

Terdapat dua jenis file terhapus

Ada dua jenis metode menghapus file yaitu dengan cara biasa dan menghapus file secara permanen.

File yang dihapus dengan cara biasa adalah pada saat Anda menghapusnya menggunakan tombol detele. Saat menghapus file dengan tombol detele atau melalui context menu (menu klik kanan) maka sebenarnya file tersebut tidak benar-benar hilang dari laptop Anda. File yang dihapus dengan cara ini akan masuk ke dalam folder Recycle Bin dan bisa dikembalikan dengan mudah.

Kedua adalah file yang dihapus secara permanen, yaitu ketika Anda menghapus file dengan cara menekan tombol Shift+Delete atau file yang sudah dihapus dari Recycle Bin. File jenis ini akan hilang dari penyimpanan laptop Anda dan untuk mengembalikannya kita membutuhkan bantuan aplikasi recovery.

Cara mengembalikan file terhapus di laptop (tidak permanen)

1. Masuk ke dalam Recycle Bin (ikon tong sampah di desktop)

Saat kita menghapus sesuatu di laptop, file tersebut tidak secara permanen menghilang. Akan tetapi, file tersebut akan masuk ke dalam folder sampah atau yang biasa kita sebut sebagai recycle bin (ikon tong sampah di dalam laptop desktop kamu)

Windows telah menetapkan suatu mekanisme, bahwa kalian semua masih dapat menemukan file yang secara tidak sengaja dihapus ataupun file yang memang kalian hapus tetapi mendadak diperlukan lagi. 

2. Cari nama file yang ingin kalian kembalikan

Setelah masuk ke folder Recycle Bin maka Anda akan melihat semua file yang sudah terhapus dari laptop. Apabila dalam kurun waktu lama folder ini tidak pernah dibersihkan maka di sana akan terlihat ada banyak sekali file. Untuk memudahkan dalam menemukan file yang ingin dikembalikan Anda bisa menggunakan kolom pencarian kemudian ketik nama file Anda di sana.

3. Restore file

Untuk mengembalikan file dari folder Recycle Bin caranya dengan klik kanan pada file kemudian pilih Restore.

4. Cek file yang sudah dikembalikan

Setelah melakukan restore dari Recycle Bin maka file akan kembali ke lokasi penyimpanan semula. Coba cek file tersebut dengan cara membukanya untuk memastikan file dalam keadaan sempurna dan tidak rusak.

5. Ulangi langkah di atas untuk mengembalikan file-file yang terhapus lainnya

Kalau sudah melakukan cara-cara diatas, Windows akan otomatis mengembalikan file yang sudah kalian hapus, langsung ke dalam forder file kalian. Langkah metode pertama ini sangat mudah untuk dilakukan tetapi kalian harus mengingat dimana kalian menaruh folder file yang sudah kalian hapus sebelumnya. 

Biasanya, ada laptop yang tidak langsung terlihat Recycle Binnya di desktop kalian. Nah caranya anda tinggal klik kanan di area manapun dan klik “Show and Hide”. Kemudian akan muncul tanda centang di samping kata-kata tersebut. Dan nantinya, Recycle Bin akan langsung muncul ke dalam desktop laptop kalian. Nah itu dia salah satu cara mengembalikan file laptop kalian yang terhapus.

Cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop (SHIFT+Delete)

1. Menggunakan aplikasi Recovery

Cara pertama untuk mengembalikan file terhapus permanen dari laptop adalah menggunakan aplikasi recovery. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa Anda dapatkan dari internet, di antaranya seperti Recuva dan EaseUs Data Recovery. Kita akan coba menggunakan aplikasi Recuva.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama: Download aplikasi Recuva.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan cukup bagus untuk mengembalikan file yang di delete secara permanen. Download aplikasinya dari sini: https://www.ccleaner.com/recuva

Langkah kedua: Install aplikasi Recuva.

Aplikasi Recuva ini mempunyai dua tipe, yaitu recuva.exe yang biasa digunakan oleh laptop yang mempunyai sistem 32bit. Sedangkan yang Recuva64.exe, dapat dijalankan pada laptop dengan sistem 64-bit. Silakan sesuaikan dengan sistem yang Anda gunakan.

Langkah ketiga: bukalah aplikasi Recuva dengan cara klik tulisan “Next

Langkah keempat: Pilih jenis file yang ingin dikembalikan. Recuva akan memberi opsi kepada kalian untuk mengembalikan tipe file yang ingin kalian recover. Jika anda klik “All Files“, maka Recuva akan mengembalikan semua file-file yang sebelumnya di delete oleh laptop. 

mengembalikan file terhapus permanen 2

Langkah kelima: Selanjutnya Anda akan menemukan opsi untuk memilih lokasi folder file yang telah kalian hapus. Jika kalian lupa, kalian bisa menjawab “I am not so sure“. Tetapi kalau kalian ingat, klik opsi “In A Specific Location (di sebuah lokasi tertentu), kemudian browse dan klik “Next

mengembalikan file terhapus permanen 5

Langkah keenam: klik “Start” dan aplikasi Recuva akan segera merecover file kalian yang sudah terhapus secara permanen.

Langkah ketujuh: Pilih file mana saja yang ingin Anda kembalikan kemudian klik tombol Recover.

mengembalikan file terhapus permanen 1

Tambahan:

Bagi yang ingin melakukan scanning lebih dalam, langkah-langkahnya juga sama dengan menggunakan yangsudah dijelaskan di atas. Bedanya setelah langkah kelima, kalian harus mencentang salah satu kolom dalam aplikasi tersebut dan klik opsi “Enable Deep Scan“, dan klik “Start“.

mengembalikan file terhapus permanen 6

Disini menang kalian harus menunggu dengan waktu yang cukup lama, namun file yang berhasil ditemukan juga akan lebih banyak. 

Setelah muncul filenya, kalian tinggal menyortir file yang keluar, dan langsung pilih mana file yang ingin kalian recover dan mana yang tidak ingin kalian recover. Lalu pilih opsi “Recover Highlighted” dan akhiri dengan klik bertulis “Recover“. Cara ini cukup efektif untuk mengembalikan file yang terhapus dari laptop.

2. Restore Previous Versions ( Pengembalian Versi Sebelumnya )

Kalau kalian adalah pengguna Windows 7, 8, atau Windows 10 maka ada satu lagi cara untuk mengembalikan file yang secara permanen dihapus, kalian dapat menggunakan fitur Restore Previous Versions untuk mengembalikan folder dan isinya ke versi sebelumnya. Untuk menggunakan cara ini, syaratnya adalah Fitur History harus sudah aktif.

Pertama, carilah folder file atau folder yang sudah kalian hapus secara permanen.

Klik kanan folder tersebut dan cari pilihan Restore Previous Versions.

Selanjutnya kalian akan melihat daftar berisi folder atau pun file-file. Pilih versi yang terbaru dan klik “Restore” untuk mengembalikan file kalian yang sudah terhapus secara permanen.

3. Backup dan Restore

Metode ini mungkin yang paling simple dibandingkan kedua metode diatas. Karena kalian tidak perlu mengandalkan software dan dapat digunakan dalam Windows 7, 8, dan 10. Syaratnya adalah kalian harus mempunyai data backup terbaru dari Windows Backup.

Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, masuk ke Control Panel. Caranya kalian bisa langsung klik menu Start ketik: control lalu pilih program Control Panel yang muncul.

Kedua, pilih option System and Maintenance (Sistem dan Pengaturan), kemudian pilih menu Backup and Restore (Pengembalian Data Yang Sudah Terhapus).

Terakhir, klik Restore My Files dan Browse For Files untuk backup data atau file kalian yang telah permanen dihapus. Dan kalian tinggal memilih lagi lokasi folder untuk menaruh file recovery kalian. 

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan file yang sudah di delete, baik secara permanen maupun yang tidak. Semua cara-cara diatas cukup simple untuk dilakukan oleh pemula sekalipun.

Untuk menghindari masalah file yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja maka sebaiknya gunakan drive lain sebagai backup, kalian bisa menggunakan hardisk eksternal atau media penyimpanan lainnya. Semoga bisa membantu.

1 thought on “3 Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen di Laptop”

Leave a Comment