10 Cara Menghemat Baterai iPhone

Menjadi salah satu ponsel yang digemari banyak orang, nampaknya iPhone sudah tak asing lagi di telinga. Bagaimana tidak? produk keluaran apple yang berbasis sistem operasi iOS ini sangat bagus sekali digunakan, dengan fitur yang canggih dan yang ter-update.

Membuat iPhone banyak dijadikan ponsel pribadi. Permasalahannya walaupun canggih iPhone juga memiliki kekurangan yang terkadang membuat kita menjadi tak bisa menggunakan iPhone kita dengan baik. Ya,salah satu kelemahan iPhone sendiri adalah baterai. 

Cara Menghemat Baterai iPhone

Baterai iPhone berbeda dengan baterai android dan tipe ponsel lainnya. Terkadang cepat mudah panas,terkadang cepat boros. Membuat kita dilema dalam menggunakan baterai iPhone.

Solusinya adalah kita harus menghemat baterai iPhone dengan baik dan benar. Ya, kita dapat menggunakan tips menghemat baterai iPhone dengan baik menggunakan metode tips menghemat baterai iPhone berikut yang akan kami bagikan pada artikel ini untuk anda jadikan referensi.

1. Kurangi kecerahan layar atau aktifkan Kecerahan Otomatis. 

cara menghemat baterai iphone 2

Lampu latar yang digunakan untuk menerangi layar perangkat anda menghabiskan banyak energi. Anda dapat meminimalkan daya yang digunakan oleh lampu latar dengan membuka Pengaturan-> Tampilan & Kecerahan dan meredupkan kecerahan layar.

Dengan iOS  Anda dapat menggunakan mode dark yang juga dapat menghemat daya baterai anda. Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > pilih Dark Mode.

Jika Anda tidak ingin meredupkan kecerahan iPhone dan tidak ingin menggunakan mode Gelap, Anda dapat mengaktifkan “Kecerahan otomatis” sebagai alternatif. Ini akan mengoptimalkan energi baterai yang digunakan oleh lampu latar dengan menyesuaikan kecerahannya berdasarkan pencahayaan sekitar saat ini. Untuk mengaktifkan mode “Kecerahan Otomatis”, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks, gulir ke bawah, lalu cari pengaturan “Kecerahan Otomatis” dan aktifkan dengan mengetuk tombol.

2. Matikan layanan lokasi atau minimalkan penggunaannya.

iPhone secara otomatis menggunakan  GPS untuk menemukan lokasi dan juga Banyak aplikasi yang menggunakan layanan lokasi iPhone. Yang pada akhirnya menurunkan daya pakai baterai. Untuk menonaktifkan layanan lokasi, buka Pengaturan > Privasi> Layanan Lokasi > Off.

Jika Anda tidak ingin menonaktifkan layanan lokasi sepenuhnya, matikan untuk aplikasi tertentu. Untuk mengubah opsi, buka Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.

3. Matikan Pemberitahuan

cara menghemat baterai iphone 3

Layanan Apple Push Notification digunakan untuk memberi tahu anda tentang apa yang terjadi pada email, catatan, kontak, dan data cloud anda lainnya ke iPhone. Fetch adalah metode lain untuk memeriksa data baru saat Push dinonaktifkan. Biasanya push lebih banyak menyedot daya batyerai. Oleh karena itu, matikan Push dan setel Fetch untuk menghemat data. Caranya cukup Buka Pengaturan > Kata Sandi & Akun. Ketuk Fetch Data Baru lalu ketuk tombol Tekan untuk mematikannya.

Peringatan: jika Anda menonaktifkan Push Anda tidak akan menerima pemberitahuan di tempat (misalnya segera setelah Anda menerima email). Jika Anda mengatur Ambil untuk membawa data secara manual, Anda tidak akan menerima pemberitahuan kecuali Anda membuka aplikasi masing-masing secara manual (misalnya Anda hanya akan mendapatkan pemberitahuan tentang pesan email baru saat meluncurkan aplikasi Mail).

4. Tutup paksa aplikasi.

Jika Anda tidak menggunakan beberapa aplikasi, jangan lupa untuk menutupnya karena dapat menghabiskan masa pakai baterai. Untuk memaksa keluar dari aplikasi di iPhone Anda, cukup tekan dua kali tombol home dan geser ke atas pada kartu aplikasi untuk menutupnya.

5. Nonaktifkan Bluetooth dan Wi-Fi. 

Kecuali Anda menggunakan aksesori Bluetooth seperti speaker hands-free atau nirkabel, Anda dapat mematikan Bluetooth dengan masuk ke Pengaturan > Bluetooth > Off. Ini akan mengurangi penggunaan baterai. Bluetooth dan Wi-Fi menggunakan antena dan penerima yang sama. Jika Anda benar-benar kehabisan daya baterai dan tidak berencana menggunakan Internet, matikan WiFi dengan menavigasi ke Setelan > WiFi > Off.

6. Nonaktifkan notifikasi khusus aplikasi. 

Sebagian besar aplikasi iOS memiliki kemampuan untuk memberitahu pemberitahuan. Membuat iPhone akan terkuras daya baterainya. Anda bisa matikan pemberitahuan untuk semua aplikasi yang tidak penting dengan cara  membuka Pengaturan > Pemberitahuan. Selanjutnya, ketuk aplikasi dari list dan cari “Izinkan Pemberitahuan” ke posisi nonaktif. Apabila tak dimatikan nonaktifkan pemberitahuan aplikasi ini,kuota anda akan tersedot otomatis dan juga membuat daya baterai anda cepat habis.

7. Aktifkan Mode Daya Rendah

Salah satu faktor pengurasan baterai adalah Mode Daya Rendah. Dengan mengaktifkannya, ponsel anda hanya melakukan tugas yang paling penting, jadi aktivitas latar belakang seperti unduhan dan pengambilan email akan dinonaktifkan secara otomatis.

Mode Daya Rendah akan aktif secara otomatis ketika baterai turun di bawah 20%, tetapi anda juga dapat mengaktifkannya secara manual agar ponsel anda bekerja lebih lama (meskipun ini hanya akan berfungsi jika baterai ponsel Anda di bawah 80 persen).

Buka Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah > On. Anda akan mengetahui fitur tersebut diaktifkan karena ikon baterai di pojok kanan atas akan menguning.

8. Matikan Refresh Aplikasi Latar Belakang

Saat anda menutup aplikasi iOS, aplikasi akan terus berjalan  sampai memasuki status ditangguhkan. Namun, dengan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang, aplikasi yang ditangguhkan tersebut masih dapat memeriksa pembaruan dan konten baru dan sebuah proses yang dapat menghabiskan masa pakai  daya baterai.

Anda dapat menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang sepenuhnya atau hanya untuk aplikasi tertentu. Arahkan ke Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Ketuk Aplikasi Latar Belakang Segarkan di bagian atas untuk mematikannya, atau pilih untuk melakukannya hanya melalui Wi-Fi.

Untuk menonaktifkan aplikasi per aplikasi, anda dapat kembali ke menu sebelumnya dan temukan aplikasi yang memuat banyak pembaruan, seperti email atau platform jejaring sosial. Matikan mereka. Ini seharusnya tidak berpengaruh pada cara kerja aplikasi, tetapi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memunculkan informasi baru saat Anda kembali ke sana.

9. Matikan Saran Siri

cara menghemat baterai iphone 1

Siri seharusnya berfungsi sebagai “asisten digital” anda, jadi di iOS, dia akan membuat saran berdasarkan aktivitas anda. Siri mungkin menyarankan pesanan Anda sekitar waktu anda biasanya menempatkannya. Itu bagus, tetapi dia harus melakukan beberapa pekerjaan di latar belakang untuk dikerjakan. Arahkan ke Pengaturan > Siri & Pencarian. Di bawah saran Siri, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya dalam pencarian di Cari, dan di layar kunci.

10. Hapus Efek Gerak

Ada sejumlah fitur iPhone yang terlihat keren seperti efek gerakan pada ikon aplikasi dan wallpaper dinamis tetapi perlahan-lahan menguras baterai anda.

Matikan efek gerakan pada aplikasi dengan menavigasi ke Pengaturan > Aksesibilitas > Gerakan > Kurangi Gerakan, lalu alihkan sakelar untuk mengaktifkan fitur. Namun, perhatikan bahwa ini juga akan menonaktifkan transisi layar dan efek yang menghilang serta efek paralaks  di mana wallpaper, aplikasi, dan peringatan anda bergerak bersama Anda saat Anda memiringkan perangkat.

Wallpaper dinamis, sementara itu, adalah latar belakang yang berisi gerakan dan perubahan seiring waktu. Anda tidak perlu mematikan fitur ini cukup pilih wallpaper yang tidak bergerak melalui Settings > Wallpaper > Choose a New Wallpaper > Stills. Wallpaper dinamis dan zoom perspektif secara otomatis dimatikan saat telepon dalam Mode Daya Rendah.

Leave a Comment